Orchid Forest Lembang

Halo sobat explore ! Kali ini, penulis akan melakukan review terhadap salah satu tempat wisata di lembang yang keren banget loh yaitu Orchid Forest, buat kalian-kalian sobat explore yang penasaran sebenernya gimana sih Orchid Forest itu, simak artikel berikut ya !

Seputar Tempat Wisata

Orchid Forest atau Taman Anggrek adalah salah satu tempat wisata Lembang yang popular dan wajib dikunjungi bagi sobat explore Lembang. Tempat wisata ini memiliki luas sekitar 12 hektar yang ditanami bunga anggrek lebih dari 157 jenis bunga anggrek. Bibit anggrek yang ditanam di Orchid Forest ini tidak hanya berasal dari Indonesia saja loh sobat explore lembang, pada beberapa sudut Orchid Forest bisa ditemukan bunga dengan bibir yang diimpor langsung dari negara Amerika Serikat, dan Amerika Selatan.

Wisata Orchid Forest sangat cocok untuk berfoto loh sobat explore Lembang, karena Kawasan ini memiliki spot foto yang menarik dan instagramable.  Karenanya jangan lupa untuk membawa kamera dan perlengkapan untuk berfoto karena kesempatan berfoto di tempat ini sayang untuk dilewatkan.

Jam operasional

Wisata Lembang yang satu ini, dapat dikunjungi setiap hari. Saat weekday Orchid Forest buka dari pukul 09.00-18.00 WIB dan saat weekend jam buka Orchid Forest diperpanjang yaitu mulai pukul 08.00-19.00 WIB.

Harga Masuk

Sahabat explore lembang, untuk masuk ke tempat Wisata Orchid Lembang, pengunjung akan dikenakan tarif masuk dan tarif untuk parkir kendaraan ( jika membawa kendaraan ), Nah, berikut tarif untuk memasuki Kawasan orchid forest Lembang :

Tarif Masuk :

Rp.25.000/orang untuk weekday

Rp.35.000/orang untuk weekend

Tarif parkir

Rp. 5000/mobil

Rp. 2000/motor

Selain tarif masuk, ada juga tarif untuk menaiki wahana-wahana yang ada di Orchid Forest. Untuk melihat tarifnya, Yuk cek di bagian pembahasan mengenai wahana di Orchid Forest😊

Galeri Orchid Forest

Pada kesempatan kali ini, saya akan memposting foto-foto saya saat berkunjung ke Orchid Forest. Namun saat saya kesana, saya tidak berfoto di semua spot foto yang ada di Orchid Forest, sehingga hanya ada beberapa spot foto yang saya posting. Saat itu, saya berkunjung di hari weekend yaitu hari Minggu pagi sekitar jam 10-an. Udara pagi hari di Orchid Forest sangat menyejukkan karena efek udara yang dihasilkan dari tanaman yang tumbuh di kawasan ini. Pengunjung di hari weekend cukup ramai, namun karena luasnya kawasan ini, tidak akan membuat pengunjung merasa sesak.

Foto di atas saya ambil di terowongan Segi Lima, jika malam hari tiang-tiang tersebut akan tersebut akan menyala karena tiang tersebut dililit dengan lampu-lampu yang cantik. Sehingga jika anda ingin mendapatkan foto-foto yang lebih indah, saya sarankan berfoto di malam hari.

Foto-foto di atas saya ambil saat mengunjungi kawasan orchid house. Orchid house adalah tempat yang bangunannya membentuk segitiga, yang di dalamnya terdapat beraeka ragam jenis tanaman anggrek.

Nah, untuk foto yang satu ini saya ambil saat saya mengunjungi tempat yang di dalamnya terdapat papan nama Orchid Forest. Di dalam tempat ini, kita dapat berfoto dengan background papan nama Orchid Forest. Untuk berfoto biasanya kita harus mengantre terlebih dahulu karena kita akan difotokan oleh petugas Orchid Forest dengan memberi Handphone atau kamera yang siap untuk memotret.

Peta lokasi

Peta Lokasi (Sumber : google maps)

Lokasi Orchid Forest

Orchid Forest terletak di Jl. Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Lokasi wisatanya sangat dekat dengan terminal wisata grafika cikole ataupun wisata tangkuban perahu, dan lokasinya sebelum Pemandian Air Panas Ciater, Ciater Highland Resort serta Sari Ater Hotel & Resort.

Wahana di Orchid Forest

  1. Sky Bridge
    Jembatan yang bergoyang-goyang ini dibuat dari kayu dan tali tambang berwarna putih. Jembatan ini memanjang kurang lebih sepanjang 50 meter. Ketika malam hari, otomatis lampu-lampu di tempat ini akan menyala karena telah dipasangi sensor cahaya. Seketika suasana menjadi kian romantis di tempat ini. Untuk bisa menaiki jembatan ini, wisatawan diharuskan membayar uang sebanyak Rp15.000 per orangnya.
  2. Flying Fox
    Orchid Forest juga menyediakan kegiatan outbond, salah satunya flying fox. Ketinggian dari flying fox sekitar 10-20 meter. Cukup tinggi ya, sobat explore lembang, so untuk yang takut ketinggian tidak disarnkan untuk menaiki wahana yang satu ini.
  3. Orchid Castle
    Wahana ini disediakan untuk anak-anak bermain, selain mengenalkan anggrek, para orang tua juga dapar mengajak anak-anaknya bermain di wahana ini. Di playground ini tersedia beragam permainan asyik mulai dari seluncuran, panjatan, flying fox mini, terowongan, hingga sepeda mini.
  4. Putt-Putt Golf (Mini Golf)
    Wahana Putt-Putt Golf akan memanjakan Anda dalam liburan. Anda akan disuguhkan sensasi bermain golf diantara pepohonan pinus yang benar-benar menyenangkan.
  5. Rabbit Forest
    Sesuai dengan namanya, wahana ini berisi kelinci-kelinci lucu, imut dan menggemaskan. Anda bersama anak-anak dapat bermain, berfoto, ataupun memberi makan kelinci-kelinci tersebut.
  6. Kuda Tunggang
    Kuda tunggang tidak hanya terdapat di wisata de ranch Lembang. Orchid Forest pun menyediakan wahana kuda tunggang untuk berjalan menikmati rindangnya pohon pinus yang menjulang tinggi.

Fasilitas di Orchid Forest

  • Toilet
    Orchid forest menyediakan toilet yang berada di tiap-tiap sudut tempat. Toiletnya pun bersih serta tersedia WC duduk dan WC jongkok. Bangunan toiletnya pun sangat menarik dan unik.
Hasil gambar untuk toilet orchid forest
Toilet (sumber : https://www.gotravelly.com/)
  • Tempat Parkir
    Orchid Forest menyediakan lahan parkir yang cukup luas. Namun kondisi lahan parkir sedikit berpasir, sehingga sobat explore Lembang harus berhati-hati dalam memarkir dan berkendara.
  • Mushola
    Orchid Forest menyediakan mushola untuk pengunjung yang akan melakukan ibadah.
  • Food Court dan Cafe
    Sepertinya wisata tak lengkap rasanya jika tidak terdapat tempat makan dan cafe, karena setelah berjalan-jalan pastinya tubuh akan kelelahan sehingga akan menimbulkan perut yang lapar. Nah, pengunjung dapat mengunjungi tempat makan yang ada di Orchid Forest, mulai dari masakan-masakan Indonesia yang sering dijual di food court hingga makanan cafe ada disini.
  • Bazar Anggrek
    Sobat explore Lembang yang ingin membeli tanaman anggrek, dapat mengunjungi bazar anggrek. Terdapat beraneka ragam jenis tanaman anggrek yang dijual disini.
  • Transportasi (shuttle bus)
    Tempat wisata Lembang yang satu ini sangat luas sekali, sehingga jika kita telah mengitari seluruh kawasan ini, tubuh akan merasa kelelahan. Untuk itu, Orchid Forest menyediakan transportasi (shuttle bus), di ujung penjelajahan kawasan Orchid Forest agar pengunjung dapat kembali ke parkiran tanpa perlu kembali mengitari Orchid Forest.

Transportasi

Perjalanan menuju orchid forest dapat dilakukan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat menggunakan aplikasi penunjuk jalan jika Anda tidak tahu jalan menuju Orchid Forest, pengalaman saya saat berkunjung ke Orchid Forest pun menggungakan aplikasi penunjuk jalan, karena saya tidak tahu akses jalan menuju ke sana.

Jika Anda menggunakan angkutan umum, Naiklah angkutan umum jurusan St. Hall – Lembang lalu turun di Terminal Lembang. Dari sana, naik angkot kuning jurusan Cikole yang bisa mengantarmu sampai depan pintu masuk Orchid Forest.

Kontak

0812 2000 3428

Spot Foto

Tempat wisata Lembang yang satu ini menyediakan spot foto yang sangat banyak. Sehingga bagi para pemburu spot foto instagramable sangat cocok untuk berkunjung ke wisata Orchid Forest Lembang ini. Berikut daftar spot foto yang wajib dikunjungi :

  1. Terowongan Segi Lima
  2. Orchid House
  3. Jembatan Gantung
  4. Jembatan Kayu
  5. Spot Jlan meliuk-liuk di bawah pohon pinus
  6. Spot sangkar burung
  7. Garden of Light
  8. Spot foto payung
  9. Spot foto bola pingpong

Tempat Terdekat

Ganesha Equestrian atau yang populer dengan nama Taman Lembah Dewata, Farmhouse, Kampung Gajah, Maribaya Natural Hot Spring Resort dll.

Penginapan Terdekat

Resort Grafika Cikole, sebuah pondok wisata alam di tengah hutan pinus dengan tarif Rp1 juta-an per malam.Selain itu, penginapan dan hotel lainnya juga bisa Anda temukan di sekitar Cikole dengan melihat aplikasi penyedia layanan penginapan seperti traveloka, agoda atau pegi pegi.

Tips Berkunjung

  1. Datang sebelum pukul 09.00 pagi. Menurut para supir taksi online, banyak driver yang menolak jika ke Lembang saat siang.
  2. Mengingat area Orchid Forest merupakan tempat terbuka, maka datanglah saat cuaca cerah sehingga Anda bisa mendapatkan pencahayaan yang baik untuk berfoto.
  3. Bawalah ponsel atau kamera terbai dengan baterai full untuk mengambil gambar beserta perlengkapan lainnyaseperti cadangan baterai, power bank, dll.
  4. Jika ingin mendapatkan spot malam, Anda dapat berkunjung pukul 16.00 WIB saat kabut belum turun. Sambil menunggu malam tiba, Anda dapat mengelilingi kawasan Orchid Forest untuk menikmati keindahannya.
  5. Persipakan kondisi tubuh karena Anda akan banyak berjalan dan mengeksplore Orchid Forest yang luasnya hingga 12 hektar.
  6. Orchid Forest dingin saat pagi hari, jadi sobat explore Lembng jangan lupa bawa jaket atau baju hangat.
  7. Pakai sepatu yang nyaman. Meskipun jalan setapaknya berupa paving block, jalanan ini menurun terus dan kamu bisa saja tergelincir jika tidak hati-hati.
  8. Jika hendak pulang dengan taksi daring, perhatikan waktu pulangmu dan pesanlah lebih awal. Jika terlalu sore atau sudah gelap, biasanya akan susah mendapatkan mobil. Kami menunggu sekitar 20 menit hingga mendapatkan mobil dan menunggu 20 menit lagi sebelum mobilnya datang.
  9. Kalau tidak dapat taksi daring, kadang ada angkot yang “ngetem” di dekat pintu keluar yang siap mengantarkanmu hingga Terminal Lembang atau naik shuttle bus untuk ke depan pintu gerbang Orchid Forest.

Sekian guys informasi yang dapat saya sampaikan, baik dari pengalaman saya saat berkunjung ke sana atau referensi lain mengenai wisata Orchid Forest. Ikutin terus informasi-informasi lainnya mengenai tempat wisata Lembang yang lain ya Guys 😊

One thought on “Orchid Forest Lembang”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *